Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 10 Oktober 2014

Korea Selatan Siap Hadapi Perang Cyber (Cyber War)


Pemerintah Korea Selatan memutuskan melancarkan siasat pertahanan perang dunia maya yang telah lama direncanakan. Korsel juga akan menjalankan langkah proaktif untuk membentengi kejahatan Internet.
 
Menurut sebuah sumber yang dikutip kantor berita Korea Selatan Yonhap, langkah tersebut diambil setelah banyak serangan kejahatan didunia maya dalam beberapa bulan belakangan.
"Bahkan, jumlah percobaan meretas sejumlah laman yang berkaitan dengan militer mencapai 1.202 kali dalam sembilan bulan pertama tahun ini. Jumlah tersebut meningkat 595 kasus dari tahun sebelumnya," kata sumber yang berasal dari militer tersebut.
Militer memfokuskan menjalankan operasi berbasis pemantauan guna mencegah peretasan oleh musuh.

"Namun, kami sekarang akan bertindak lebih proaktif dalam menjejaki usaha serangan dunia maya dan langsung melancarkan serangan balasan sebagai usaha melindungi ruang maya Korea Selatan," tambah sumber militer, yang meminta namanya tidak disebutkan.
Dalam usaha memperkuat pusat Komando Siber Korea Selatan, kementerian pertahanan juga menyiapkan 400 agen tambahan, sehingga menjadikan pasukan siber berkekuatan 1.000 anggota.
Selain itu, ia menerangkan beragam cara untuk memperkuat kemampuan melindungi jaringan lokal, sehingga siap menghadapi perang siber secara efektif, termasuk menyiapkan satuan tugas untuk melakukan pelatihan perang.

"Kami juga akan memperluas ruang lingkup operasi kami ke perangkat bergerak dan berbagai perangkat berbasis jaringan maya lain," tambah sumber lain.
Pusat Komando Siber berada di bawah Departemen Pertahanan Nasional, didirikan pada 2010 untuk melawan peretasan, yang kebanyakan dilakukan Korea Utara, mengingat ancaman keamanan di dunia maya semakin bertumbuh.
sumber : Rimanews

0 komentar: